<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d4176878189170751255\x26blogName\x3dThe+Journey+of+My+Life\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://itsnothingforus.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://itsnothingforus.blogspot.com/\x26vt\x3d8665227048640332269', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Wednesday, October 07, 2009

♥ Dua Kewarganegaraan

banyak orang yang tanya ke gw,
'asal lo dari mana? lo orang apa sih?
nah lho, ampe sekarang, gw bingung jawabnya..==" mengapa?
(tolong bunyi drumnya donk!)

karena, bapak emak gw beda kewarganegaraan..
secara hukum internasional, seorang anak akan 'ikut' kewarganegaraan ayahnya.
makanya, kadang-kadang, gw bilang, 'gw orang Taiwan'. bukan kalimat, 'gw orang Indonesia kok'.
dulu, sempet ada percakapan ini:

gw: 'mi, aku orang indo bukan?'
nyokap gw: 'hmm.. bisa bilang gitu sih'
gw: 'kok gitu? maksudnya?'
cici gw: 'lo bego banget sih, yen! lo tuh orang Taiwan. babe lo orang Taiwan, masa lo orang Indo?'
gw: 'lha? mami tadi bilang apa donk?'
cici gw: 'lo kan tinggal di Indo 13 taon, ya jelas lo dapet KTP Indo. nah, kalo lo dapet KTP, lo WNI kan? lo orang Indo secara hukum, bukan genetik. ngerti?'
gw: 'kaga'
cici gw: '.....'
nyokap gw: 'udah lah, toh dia masih kecil (maksudnya gw), ga ngerti apa-apa'
gw: 'karena ga ngerti, makanya jelasin donk...'


sekedar catatan kecil, pembicaraan itu sekitar gw 14 tahun.
gw sempet tinggal di Taiwan selama 1 tahun (saat rusuh 1998 atau 1999)
ntar, pengalaman 'rusuh' gw tulis ya kapan-kapan (kalo inget).

kalo di telusuri dengan cermat, gw juga bukan murni orang Taiwan.
mengapa?
ok, gw jelasin sedikit sejarah singkat.
TAPI, GW DENGER INI SAAT GW MASIH KECIL. JADI, INI GA 100% BENAR.

dulu, di RRC, orang-orang komunis sepakat mau membunuh SELURUH orang yang beragama yang ada di RRC.
karena orang yang beragama adalah minoritas, mereka lebih memilih jalur 'aman'.
mereka memilih pelarian karena kalau perang, tak ada guna. mereka adalah minoritas.
sedangkan, lewat jalur diskusi, hal itu tak bisa. karena itu adalah sistem negara.
so, orang-orang non komunis larinya ke Taiwan (nama baratnya Formosa).

nah, sekitar 98 tahun yang lalu, nenek gw dan kakek gw adalah salah satu yang lari.
mungkin orang tua kakek-nenek gw yang lari kali ke taiwan, soalnya, umur nenek gw belum 80.>0<
kemudian, dari kakek-nenek gw, lahirlah 4 anak yang ternyata bapak gw menduduki ranking 2!
*apaan sih, manknya lomba?*

jadi, apa gw orang china?
gw sendiri ga bisa jawab pertanyaan ini.
karena, secara hukum, kakek-nenek gw orang Taiwan.
bapak gw sendiri lahirnya di Taiwan, kewarganegaraannya juga..>.<
secara genetik sih, gw 50% orang Taiwan, 25% orang China, 25% orang Indo.
haha..
ntar, kalo gw nikah ma orang non-indo,non-taiwan,non-china,
bisa-bisa anak gw darahnya 50% darah luarnegeri, 25% Taiwan, 12.5% china, 12.5% indo.


halah-halah.
mulai ngelantur kan gw.
udah ah,
tidur dulu. soalnya, secara mendadak, besok gw sekolah!
(tepatnya, nanti pagi).
ok, kapan-kapan gw cerita.
(banyak bener janji gw).
see ya!

13eyond Your Imagination!
12:32 AM


♥ theGrumpyToast ;



      theGrumpyToast is very grumpy. Beware, this toast bites.

      Welcome to my world.. kkk~
      My name is Natalia Jessica Korli. u can call me Natalia, Jessica, or Korli. XD
      I live at Taiwan, my with sister and my brother, also my uncles, aunties, cousins, and my grandma.^^
      My family live at indonesia.
      I'm half indonesia and taiwanese. so, i can speak 3 languages. indonesia, chinese, and english. but i try to learn hangul (korean). XDD
      well, i'am a fan of Depapepe, Super Junior, and DBSK. ^^
      OK. That's it.^^

      P.S. as i looking my blog, i can't find 'comment place'. so, if you want to ask me, tell me, and know about me, click here facebook and click here for twitter.. :)

♥ Thank you

♥ Past rawr-ing